Soto khas Blitar

13 Okt

Ngomong-ngomong soal makanan memang tidak akan ada habisnya. Begitu pula makanan khas Blitar yang sampai saat ini termashur dengan nasi atau sambel pecelnya.  Melirik makanan lainnya kali ini kami hadirkan soto. Dimana-mana nasi soto yang terkenal adalah soto dari Lamongan, sedangkan sate yang tersohor dari Madura. Sehingga warung-warung spesialis  nasi atau makanan tersebut tidak ketinggalan menulis spanduk besar “Soto Lamongan” atau “Sate Madura”. Dimana tempat mangkal buat makan soto yang asyik di Blitar?Tidak puas dengan mangkok kecil, anda bisa mencoba tempat lain yang satu ini. Penyajian sotonya menggunakan mangkok tanggung, pas buat perut dewasa. Warung ini terkenal dengan sebutan Soto Cepitan. Eit… jangan salah! Bukan penjualnya suka mencubit, atau pembeli akan kecepit. Hanya tempat atau lokasi warungnya yang nyepit. Lokasi ada di Jl. Mastrip Kota Blitar, timur pasar Wage, ada gang kecil arah selatan. Dari pintu masuk gang itu sekitar 5 meter sudah sampai. Atau dari aloon-aloon Kota Blitar, persis dari gapura aloon-aloon sebelah selatan, tinggal lurus saja ke selatan sampai mentok (pertigaan) kira-kira 100 meter lebih sedikit dari aloon-aloon. Nah, setelah itu ambil arah ke kanan 10-15 langkah kaki, di sebelah selatan jalan akan terlihat gang kecil masuk ke selatan, silahkan masuk gang, maka 5 meter sudah sampai, tepatnya ada di kanan jalan dari pintu masuk gang tadi.

Meski soto identik dengan makanan khas wong Lamongan, namun di Blitar selain memang terdapat warung-warung berinisial ‘lamongan’ juga ada warung soto asli Blitar. Dari sekian banyak penjual soto ada beberapa tempat yang mungkin layak untuk anda coba.

Soto sor Seri, berada di Jl. Kelud Kota Blitar. Soto Sor Seri hanyalah sebutan agar orang-orang mudah menemukannya, sebenarnya sebutan itu karena warung tersebut berada di bawah pohon chery (seri), sayang sekarang pohonnya sudah ditebang.

Soto Sor Seri, bila di tempuh dari aloon-aloon Kota Blitar, arahnya ke timur. Bila dari aloon-aloon bagian selatan, setelah berjalan kaki ke arah timur, 150 meter kemudian akan menemukan Jl. Kelud. Silahkan jalan terus arah utara, sekitar 300 meter akan menemukan tempat warung itu di timur jalan. Sedangkan kalau dari Aloon-aloon bagian utara, silahkan lurus aja ambil jalan ke timur, nanti akan sampai perempatan dan di pojok perempatan bagian selatan dan timur jalan anda sudah bisa melihat keberadaannya.

Yang asyik dari soto Sor Seri, selain rasanya memang luar biasa ‘angklek’ sangat berasa bumbu-bumbunya, juga karena penyajiannya yang menggunakan mangkok kecil nan unik. Setiap pendatang bisa habis 2-6 mangkok soto. Mengingat ramenya pengunjung, jangan patah semangat bila harus antri.

Ada warung soto yang patut untuk anda perhitungkan kelezatannya. Tapi yang ini porsinya jumbo, penyajiannya menggunakan piring. Berada di selatan Pasar Kademangan. Sejak dulu meladeni soto, rawon dan gule dan terkenal dengan nama Warung Bu Tut ( warungnya ibu Tutik). Lokasi persis di selatan pasar, bila anda datang dari arah Blitar atau Tulungagung, silahkan ambil jalan jurusan Pantai Tambak Blitar Selatan. Tepatnya bila dari jembatan Kademangan, ambil arah ke kiri kemudian lurus ke selatan, 500 meter kemudian anda akan menemukan pasar Kademangan. Di pasar Kademangan terdapat perempatan, kalau boleh dibilang pasar kademangan itu berada di timur dan utara jalan dari perempatan tersebut. Nah dari perempatan itu silahkan jalan kira-kira 10 meter arah ke timur, warung Bu Tut ada di kanan jalan dari perempatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: