Tentang PGSD

13 Okt

PGSD adalah salah satu jurusan yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang.. Jurusan ini terdiri dari 152 SKS. Program ini hadir sebagai upaya untuk merespon tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik.

Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi  PGSD di Universitas Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri.

Disamping itu, dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan berbagai fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching , Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang Pembelajaran Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium outdoor untuk praktek kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan Pusat Studi Kependudukan dan Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling (BK). Kegiatan intra maupun ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi, Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ) diwadahi dalam  Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berpusat di Student Center (SC) universitas. Mahasiswa baru dibekali dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan (P2KK), dilanjutkan program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan lulusan PGSD yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka mahasiswa  diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose) selama  1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik yang sesuai dengan  visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga pendidik yang kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains dan teknologi, serta 3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif secara nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan SD, Professional dalam melakukan pembelajaran di sekolah, mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, social, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Visi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai visi menjadi progam studi unggul dalam menghasilkan calon guru SD yang berdasarkan ada (1) etika dan nilai-nilai moral, (2) sains dan teknologi, serta (3) inovasi pendidikan.

Misi

1)    Menghasilkan calon guru SD yang

a.   unggul dan kompetitif secara nasional maupu internasional dalam bidang pendidikan SD

b.   profesional dalam melakukan pembelajaran di sekolah

c.    mempunyai sikap antisipatif, responsive, dan kreatif dalam melakukan pembaharuan pendidikan di sekolah

d.   mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan nilai-nilai moral

2)    Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim akademik kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah, budaya, sosial, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Kompetensi Utama

a.   Memiliki kesadaran dan berperilaku sebagai warga negara berpendidikan tinggi yang agamis, demokratis dan cerdas

b.   Menguasai disiplin ilmu yang berkaitan dengan substansi dan metodologi dasar keilmuan lima bidang studi di SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn)

c.    Mampu mengelola pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan kemaslahatan peserta didik

d.   Menguasai konsep-konsep ilmu pendidikan terutama yang berkaitan dengan pendidikan di SD

e.   Mampu menemukan dan memecahkan permasalahan pendidikan serta meningkatkan penyelenggaraan pendidikan pada tingkat SD

f.     Mampu mengapresiasi IPTEKS sehingga mampu berpikir dan bertindak sebagai sarjana pendidikan guru sekolah dasar

g.    Kemampuan memahami perbedaan individual, baik segi kognitif, dan emosional terhadap perkembangan peserta didik

h.   Penguasaan strategi pembelajaran secara lebih rinci dan utuh yang mengacu pada pembentukan pemahaman sikap, nilai serta keterampilan

Kemampuan berprakarsa dan bertanggung jawab menjajagi berbagai cara perolehan informasi untuk mengembangkan-mutakhirkan kemampuan secara mandiri, termasuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) dalam konteks pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: